Udah Bisa Edit Video, Kata Orang Bagus

Tapi Masih Belum Dapet Client

Kudu Piye?

Pengen Gak Sih Dapet Job Video Dari Brand-brand Keren Kaya Video di Bawah Ini:

Dari Yudha Alphaworks.id dan Masadhan

Di: Jakarta

Kita ngerti banget sebagai editor, perjalanan terberat itu adalah mencari klien.

Kita juga ngalamin di awal beberapa perjuangan yang Lo alamin seperti:

Udah belajar edit berbulan-bulan tapi gak dapet client
Udah beli gear yang nguras kocek tapi gak balik modal
Udah kirim-kirim proposal projek, gak ada yang goal
Udah nurunin harga job, malah yang lebih mahal yang dapet

Sampai akhirnya Tuhan baik banget sama kita.

Gue (Yudha Rizky) bersyukur banget bisa 100% hidup sebagai editor dan content creator. Gue banyak dapet job video wedding, kompetisi, underwater, dan villa-villa di Bali.

Gue (Masadhan) bersyukur banget bisa jadi editornya Agung Hapsah. Gue juga banyak dapet job video dari brand-brand yang cukup besar.

Berikut beberapa JOB VIDEO / PORTOFOLIO gua dan Masadans

APASIH KUNCINYA BIAR BISA DAPET CLIENT?

Apakah Harus Punya Skill Yang Gila? Nooo… jujur kita berdua juga bukan editor terhebat di Indonesia.

Apakah Harus Pake Gear Mahal Full Spec? Noo… Kita mulai pake alat yang kita punya dulu, bahkan minjam.

Apakah harus Punya Kenalan Orang Dalem? Nooo… jujur kita juga mulai dari orang biasa dan bukan siapa siapa…

Kalau tujuan Lo cuman mau keren-kerenan edit, di Youtube banyak banget tutorialnya. Tapi Lo butuh 3 hal ini untuk dapetin klien, yang gak diajarin di Youtube.

Penyampaian Pesan Brand: Lo perlu tau gimana caranya menyampaikan pesan klien kepada target market dalam bentuk visual dan story telling.

Strong Portofolio: Lo punya portofolio video yang cocok dengan tipe editing kebutuhan pasar dan yang bakal bikin client “wah editing stylenya cocok banget sama brand gue”.

Negotiation Skill: Dapet klien itu gak cuman kasih proposal terus deal. Ada pendekatan-pendekatan secara psikologi lainnya.

MEMPERKENALKAN

Kelas Online berisi 80+ video pembelajaran untuk videographer yang mau punya banyak client dan bisa hidup dari hobi ngedit video.

Video-video tersebut terbagi menjadi 7 Kategori Materi Besar. Silahkan klik tulisan materi dibawah, nanti akan muncul penjelasannya.

1. Videographer Mindset

Lo akan belajar mindset penting dalam memulai karir. Mindset apa yang harus dimiliki saat memulai karya pertama, membuat portofolio, dan negosiasi dengan klien.

2. Camera Tips & Trick

Lo akan belajar kamera dan fitur-fiturnya serta alat-alat pendukung. Fungsi dari section ini adalah Lo bisa mengoperasikan kamera serta bisa mempersiapkan peralatan-peralatan pendukung yang masih masuk ke budget. Dalam modul ini terdapat 18+ video pembelajaran dari mulai ISO, White Balance, Aspect Ratio, dan B-roll.

3. Production Timeline

Lo akan belajar proses produksi video. Tujuannya agar Lo bisa bekerja dengan rapi saat nanti mendapatkan client. Lo akan dapet pemahaman secara mendetail fase pre-production, production, dan post-production secara menyeluruh dan hal-hal penting apa saja yang harus diperhatikan pada setiap fase.

4. Editing Adobe Premiere Pro

Nah ini yang jadi favorit anak-anak EVM, teknik Adobe Premiere Pro. Lo akan belajar teknik editing di Premiere Pro yang memang dibutuhkan untuk mendapatkan client. Kami akan berikan video tutorial teknik-teknik simpel yang memang dipakai untuk video-video client seperti Wedding, Company Profile, Iklan Sosmed, dan lainnya.

Beberapa teknik yang akan Kamu pelajari seperti: Motion Scale Position, Time Remapping, Blur Effect Guide, Masking, Stabilizing, Audio Editing, Sound Design.

5. Editing Adobe After Effect

Untuk bikin editan Lo makin kece, Kita juga tambahin video-video tutorial editing di Adobe After Effect. Materi-materinya seperti: Animation, Advance Masking, 3D Text, Saber Effect, dan lainnya.

6. Portofolio Creation

Setelah mengasah kemampuan editing, selanjutnya Lo akan belajar bagaimana membuat portofolio meskipun belum pernah dapet client sama sekali. Trik ini bikin calon client bisa percaya sama Lo meskipun Lo belum banyak dapet job editing sebelumnya.

7. Dealing Client Project

Lo akan belajar bagaimana bisa membuat client tertarik dengan portofolio Lo. Kemudian juga Lo akan belajar bagaimana negosiasi dengan client, proses administrasi, SOP pengerjaan projek. Simpelnya Kita akan kasih tau gimana caranya saat dapet client, Lo bisa kerjain dengan profesional dan meminimalisir client minta revisi berkali-kali bahkan gak habis-habis.

GAMBARAN BESAR MATERI DI KELAS

Cara Video Editor Make Money

Lo akan belajar sumber-sumber penghasilan sebagai videographer dan editor. Pandangan Lo akan terbuka tentang banyaknya sumber-sumber penghasilan editor yang jarang diungkap di social media.

Camera Setup

Lo bakal belajar bagaimana setup camera yang proper. Dari mulai ISO, Aperture, Apec Ratio, White Balance, Shutter Speed, dan trik-trik camera lainnya. Materi ini berfungsi untuk memberantas mitos “video bagus harus camera mahal”.

Lighting & Color

Materi ini akan mengupas tuntas tentang lighting dan color. Lo juga akan belajar bagaimana mengambil raw footage agar proses color grading yang akan Lo lakukan di Adobe Premiere Pro lebih mudah dan cinematic.

Adobe Premiere Pro Setup

Lo akan belajar bagaimana melakukan setup ala Lo sendiri. Sebelum ngedit di premiere, wajib banget paham menu-menu, dan shortcut-shortcut yang bikin proses editing Lo jadi jauh lebih mudah.

Premiere Video Editing Tutorial

Pada materi ini Lo akan belajar dari mulai basic editing video sampai ke yang professional. Lo akan belajar Vide Stabilizing, Motion Scale, Noise Reduction, Time Remaping, Blur Effect, Color Grading, B-Roll Editing, dan pastinya Masking.

Sound Design

Selain editing dari visual, kita juga akan bekali Lo dengan kemampuan sound design. Karena pastinya dalam membuat video yang professional butuh juga audio yang professional.

After Effect Editing Tutorial

Setelah belajar Adobe Premiere Pro pastinya kita akan bekali Lo dengan skill After Effect. Tujuannya agar apapun jenis video yang Lo buat akan terlihat lebih profesional. Lo bakal belajar Tracker Stabilize Motion, Tracker Motion, 3D Text, Saber, dan efek-efek lainnya.

Portofolio Development

Skill sudah punya, ngedit video udah bisa, sekarang saatnya belajar bagaimana bikin portofolio Lo bikin client ga sabar pakai jasa Lo. Kita akan share bagaimana menyusun portoflio sehingga bisa dapet client-client besar sesuai dengan pengalaman kita.

Client Administration Flow

Sekarang Lo udah siap dapetin client. Eits tapi tunggu dulu. Kita juga akan bekali Lo dengan pengetahuan tentang administrasi saat dapet client. Tujuannya agar proses job lancar. Males kan kalau dapet client akhirnya nombok sewa alat. Apalagi kalau clientnya banyak revisi. Disini kita kasih triknya biar itu semua terhindarkan.

BEBERAPA HASIL VIDEO ANAK EVM